Cara Install Windows 10 Step by Step dengan Screenshot

1
944
views
windows_047_blabak

Windows merupakan salah satu Operating System yang banyak dipakai, apalagi di Indonesia. Operating System ini sangat friendly dan mudah dipakai. Didukung dengan banyak aplikasi yang compatible serta support hardware yang lebih baik daripada operating system yang lain. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara install windows 10 langkah demi langkah dan dilengkapi gambar sehingga memudahkan para pembaca.

Booting Menggunakan DVD/USB Windows 10

Sebelum anda dapat memulai tutorial cara install Windows 10, anda memerlukan CD Windows, atau jika anda memiliki file .iso windows yang resmi, anda dapat membuat Bootable USB/DVD sendiri dengan mengikuti panduan berikut: Cara Membuat Bootable USB/DVD

Setelah mempunyai CD Windows 10 atau Bootable USB/DVD Windows 10, masukkan CD Windows 10 atau Bootable USB/DVD tersebut ke PC anda, dan restart PC anda. Pastikan bahwa setting bios anda diprioritaskan untuk booting menggunakan USB/DVD terlebih dahulu sebelum ke HardDisk (Sesuai panduanĀ Cara Membuat Bootable USB/DVD).

Berikut tampilan awal booting Windows 10:

windows_014_blabak

Konfigurasi sebelum Install

windows_015_blabak

Pilih bahasa, format jam dan mata uang, serta keyboard sesuai keinginan anda, lalu klik “Next”.

 

windows_016_blabak

Klik “Install now” untuk melanjutkan proses install windows 10.

 

windows_017_blabak

Masukkan product key yang berisikan 25 karakter, lalu klik “Next”.

 

windows_018_blabak

Pilih jenis windows yang akan di install, untuk artikel ini dipilih windows 10 Pro, klik “Next” untuk melanjutkan proses install.

 

windows_019_blabak

Setelah membaca license terms, klik checkbox dibawahnya lalu klik “Next” untuk melanjutkan proses install.

 

windows_020_blabak

Disini ada dua pilihan, yaitu Upgrade atau Custom. Jika anda memilih Upgrade, windows akan otomatis menggunakan partisi yang ada, dan anda tidak dapat merubahnya.

Namun jika anda memilih Custom, anda dapat menentukan partisi mana yang akan digunakan untuk windows, dan anda juga dapat membuat partisi tambahan untuk menyimpan data anda agar terpisah dengan system.

 

Menentukan Partisi Harddisk

Partisi Harddisk adalah membagi total penyimpanan harddisk menjadi beberapa bagian, nah bagian yang telah dibagi itulah yang disebut partisi. Misalkan kita memiliki harddisk dengan kapasitas 150 GB, lalu kita dapat membagi harddisk tersebut menjadi 2 bagian, bagian pertama disebut Drive C, kita dapat mengalokasikan kapasitas sebesar 50 GB, didalam Drive C ini yang akan digunakan untuk menyimpan system windows. Bagian kedua bisa kita namakan Drive D, yang akan dialokasikan sisa kapasitas setelah dikurangin Drive C yaitu sebesar 100 GB, dalam Drive D ini kita bisa menyimpan data-data kita seperti dokumen, foto, atau file lainnya. Dengan begitu file-file sistem dan data kita tidak tercampur, sehingga ketika windows mengalami gangguan dan terpaksa kita harus melakukan install ulang, data kita tetap aman karena tersimpan pada partisi yang berbeda.

windows_026_blabak

Disini kita memiliki harddisk berkapasitas 32 GB, kita akan membaginya menjadi dua partisi, satu untuk sistem windows sebesar 20 GB, dan sisanya untuk menyimpan data. Klik “New” untuk membuat partisi baru.

 

windows_027_blabak

Masukkan besarnya kapasitas yang akan dialokasikan untuk partisi yang akan kita buat, lalu klik “Apply”.

 

windows_028_blabak

Disini windows akan membuat partisi tambahan agar windows dapat berjalan lancar, partisi tambahan tersebut biasanya berisikan bios. Klik “OK” untuk lanjut.

 

windows_029_blabak

Kita masih memiliki 12.5 GB harddisk yang belum terpartisi, klik pada drive tersebut, lalu klik “New” dan akan otomatis terisi sisa harddisk yang belum terpartisi. Klik “Apply” untuk membuat partisi baru.

 

windows_030_blabak

Pada akhirnya akan terbentuk tiga partisi “Drive 0 Partition 1” tidak akan terlihat setelah kita login ke windows, “Drive 0 Partition 2” akan menjadi Drive C yang akan digunakan menyimpan sistem windows, “Drive 0 Partition 3” akan menjadi Drive D yang akan digunakan untuk menyimpan data-data kita. Selanjutnya klik “Drive 0 Partition 2” lalu klik “Next” untuk memulai prosess install.

 

windows_031_blabak

Tunggu sampai proses install selesai, PC akan restart otomatis.

 

windows_032_blabak

Personalisasi

Proses install windows 10 telah selesai, selanjutnya adalah personalisasi, yang akan mengarahkan kita pada proses pembuatan user.

windows_033_blabak

Klik “Use Express settings” untuk menampilkan isian yang lebih simpel.

 

windows_034_blabak windows_035_blabak

Klik “I own it” jika PC yang anda install akan digunakan untuk pribadi, atau anda bisa mencoba “My work or school owns it” untuk kantor atau sekolah, lalu klik “Next”.

 

windows_036_blabak windows_037_blabak

Jika anda sudah memiliki akun Microsoft, silakan isikan username dan passwordnya, namun jika anda tidak memilikinya, anda bisa melewati langkah ini dengan klik “Skip this step”.

 

windows_038_blabak

Masukkan Username dan Password anda dua kali, lalu tuliskan “Password hint” bisa berisikan hal apa yang dapat mengingatkan anda tentang password anda.

 

windows_039_blabak

Anda dapat memilih menggunakan Cortana atau tidak, saya sarankan anda memilih “Use Cortana” untuk dapat merasakan menggunakan Cortana, anda dapat mematikan fitur tersebut jika anda tidak menginginkannya nantinya.

 

Install Selesai

windows_040_blabak windows_041_blabak windows_042_blabak windows_043_blabak windows_044_blabak

windows_045_blabak windows_046_blabak

Disini terlihat ada dua Disk yang kita miliki, satu Drive C dengan kapasitas 19 GB, dan sudah terisi 9,45 GB untuk file sistem windows, sisanya Drive D yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data. Biasakan untuk menyimpan data anda pada Drive D, karena jika PC anda mengalami masalah, dan membutuhkan install ulang, data anda akan lebih aman karena tersimpan pada Drive yang berbeda dengan sistem windows (Drive C).

Mematikan PC

windows_047_blabak

Untuk mematikan PC anda, klik logo windows pada pojok kiri bawah, lalu klik tombol power, dan klik “Shut down.

windows_048_blabak

 

Selamat anda telah menyelesaikan tutorial Cara Install Windows 10 , apabila anda mengalami kendala dalam proses install, silakan tinggalkan komentar dibawah. Jika anda merasa tutorial Cara Install Windows 10 ini bermanfaat bagi teman anda, anda bisa membagikannya menggunakan tombol share dibawah.

1 COMMENT

Leave a Reply